Friday 1 October 2010

Overactive Bladder or OAB

Kalo pake istilah kedokteran, sering buang air kecil lebih dikenal dengan istilah OAB ato Overactive Bladder. Sampe sekarang, belum diketahui jelas penyebab penyakit ini, namun, para ahli menemukan adanya kontraksi yang berlebihan pada otot kandung kemih, yang menyebabkan sensasi untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Bagi kalian yang pernah ngalamin seperti penulis, meskipun sudah agak lama berlangsung dan penulis lupa kapan tepatnya ..Check gejala dan pencegahannya...

Gejala overactive bladder bisa nimbulin permasalahan baru seperti gangguan aktivitas fisik dan pekerjaan, interaksi sosial, gangguan pola tidur, depresi, yang semuanya akan ngurangin kualitas hidup perempuan. 

- Urgensi, yakni keinginan tiba-tiba yang kuat untuk berkemih dan sulit ditahan

- Frekuensi, yakni mengeluh berkemih terlalu sering dalam satu hari atau lebih dari 8 x sehari

- Noktuaria, yakni keluhan berkemih pada malam hari



Gejala tersebut bisa dilakukan pencegahannya, yaitu dengan melakukan latihan otot kandung kemih dengan menahan buang air kecil selama 30 menit, melakukan senam kegel untuk mengencangkan otot-otot sekita vagina, dan memperhatikan asupan makanan dna minuman, terutama yang bersifat diuretik, dan menghindari makan dan minum dua jam sebelum tidur.

Berdasarkan penelitian, gejala Overactive Bladder ini menghinggapi setidaknya 53% perempuan di Asia, lho...







sumber : www.info-sehat.com

1 Comment:

Clara Risa said...

teknik senam kegel cukup dilakukan selama 6 detik.. Yang pertama - kontraksi otot dasar panggul lewat gerakan mirip org menahan buang air kecil. Perut ditarik sampe kempis, panggul lurus dan hembuskan napas lembut waktu menegangkan otot panggul itu. Kedua - tetap tahan (hitung 3 detik). Ketiga - kontraksikan sekuat mungkin (hitung 1 detik). Keempat - Rileks (hitung 1 detik) sblm mulai langkah pertama kembali! :)

Post a Comment



 

♥ Clara Risa ♥ everyclaire ♥ 2010 ♥